Saturday, February 25, 2012

Ciri-ciri Novel

Karena dalam posting-an Prosa sempat menyebutkan novel, nah berikut adalah ciri-ciri novel. Ciri-ciri novel inilah yang membedakan dengan karya sastra lainnya ..
  • Novel adalah karya sastra berjenis narasi
  • Novel adalah karya sastra berbentuk prosa
  • Novel adalah karya sastra yang bersifat realis, artinya menceritakan kehidupan tokoh secara nyata, tanpa disertai peristiwa-peristiwa yang gaib dan ajaib. Umumnya novel merupakan tanggapan pengarang terhadap lingkungan sosial budaya sekelilingnya
  • Novel adalah karya sastra yang berfungsi sebagai tempat menuangkan pemikiran pengarangnya sebagai reaksinya atas keadaan sekitarnya. Dalam aliran imprisionisme, pengarang menempatkan dirinya dalam kehidupan yang diceritakan. Perenungan-perenungan pembaca setelah membaca sebuah novel akan tiba pada sebuah pemikiran baru tentang makna hidup
Itulah sekilas mengenai novel. Mungkin yang sering kenal sekarang adalah novel teenlit. Yayaya itu itu novel remaja :D sudah mulai mendunia dan menjadi konsumsi para remaja sekarang.

source: http://basindomd.blogspot.com/2009/02/jenis-karya-sastra-indonesia.html
picture from http://malaxate.co.cc/

4 komentar :

Annur EL- Kareem said...

Klo ditanya jawabnnya ini nih.. hehe gak keliatan gaptek dan kurang wawasan. ini gunanya berbagi ilmu..
good post

Miya Octovianti said...

@Annur EL- Kareem: yap bener ^^b terima kasih banyak :) indahnya saling berbagi meski hal yang dinilai kecil

Aries tya miraalld said...

membantu gue bangettt nget nget :D thank u so much hehehe

Miya Octovianti said...

@Aries tya miraalld: sama2 :) senang membantu. kalo mau ditaruh di blog, disertakan sumbernya ya ^^b biar ngga dbilang plagiat

Post a Comment

 
;